Penulis : Tedi Hidayat
Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran
Selama Covid-19
Risdoyok
Risdoyok, Wedra Aprison
Abstract
Kerjasama antara guru dengan orangtua siswa
sejak dulu hingga sekarang selalu menjadi perbincangan hangat dalam dunia
Pendidikan karena kedua pihak sangat berperan penting dalam proses Pendidikan.
Ungkapan yang sering didengar bahwa orang tua orangtua kurang peduli terhadap
Pendidikan anak. Secara jelas dibuktikan selama Covid-19 proses pembelajaran
secara daring sudah membuktikan bahwa orangtua tidak terlaksana dengan baik,
sehingga aktivitas pembelajaran tidak maksimal. Tujuan penelitian untuk
mengetahui bagaimana komunikasi, keterlibatan, dan parsitipasi guru dengan
orangtua selama pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan data bersumber dari observasi, wawancara dan
dokumentasi sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
penelitain kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; komunikasi
guru dengan orangtua cukup baik karena adanya upaya oleh guru membuat WhatsApp group untuk
berkomunikasi dengan orangtua siswa, kedua; keterlibatan
orangtua dalam proses pembelajaran bisa dikatakan belum maksimal karena
dibuktikan dari siswa kurang disiplin dalam mengikuti pembelajaran baik dalam
mengikuti proses pembelajaran maupun dalam pengumpulan tugas-tugas yang
diberikan, ketiga;
pastisipasi orangtua dalam menegakkan pelaturan yang disepakati bersama hanya
berjalan dengan baik 1 samapi 3 minggu saja, minggu-minggu selanjutnya
pelaturan mulai tidak ditengakkan lagi dengan alan sibuk bekerja dan tidak ada
waktu. Selain anak mulai jenuh dan bosan belajar daring, anak juga mulai tidak
panuh lagi dengan pelaturan yang diberikan sehingga si anak lebih patuh kepada
gurunya dari pada orangtuanya sendiri
Kata Kunci : Kerjasama,
Guru, Orangtua, Pembelajaran Daring
JUDUL
ANALISIS JURNAL
Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam
Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19
RANGKUMAN
ISI JURNAL
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan permasalahan tentang Tujuan penelitian untuk mengetahui
bagaimana komunikasi, keterlibatan, dan parsitipasi guru dengan orangtua selama
pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan data bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan
metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini penelitain kualitatif
deskriptif.
KELEBIHAN JURNAL
Dampak positif terhadap Kerjasama Guru dan Orangtua
Pembelajaran Daring, yaitu :
a.
logistik
mudah didapat.
b.
Lebih
hemat karena tidak ada pengeluaran tambahan untuk transportasi karena kita hanya di rumah.
c.
Peserta
didik dapat mengontrol kapan mereka belajar dan pada tahapan apa,
d.
PJJ dapat
lebih dimungkinkan karena peserta didik dapat menyesuaikan pelajarannya sambil bekerja.
KELEMAHAN JURNAL
Sedangkan kekurangan Kerjasama Guru dan Orangtua
Pembelajaran Daring yaitu:
a.
waktu dan pekerjaan yang berkaitan dengan
penyampaian proses pembelajaran jarak
jauh lebih banyak daripada proses pembelajaran secara tatap muka,
b.
Dukungan administratif untuk proses
pembelajaran jarak jauh dibutuhkan untuk
melayani jumlah peserta didik yang mungkin sangat banyak,
c.
Beberapa peserta merasa terasing karena
jarak,Kurangnya struktur dan kebutuhan akan
motivasi/inisiatif yang tinggi dapat merupakan tantangan (masalah) bagi para peserta.
SARAN DAN SOLUSI
Kerjasama antara guru dengan orangtua siswa sejak dulu
hingga sekarang selalu menjadi perbincangan hangat dalam dunia Pendidikan
karena kedua pihak sangat berperan penting dalam proses Pendidikan. Ada
bebarapa Tips dalam
mengoptimalkan hubungan guru, orangtua dan siswa:
1. Guru memberikan tugas berkaitan minat dan
bakat.
2. Unggah di media sosial dan YouTube.
3. Lakukan komunikasi yang baik antara orangtua
dan guru.
4. Apresiasi siswa dan tetap tanamkan pendidikan
karakter.
Komentar
Posting Komentar