Penulis : Tedi hidayat
KAJIAN PAI PARA
PELAJAR DALAM PUSARAN DUNIA VIRTUAL
Abstrak
Pusaran dunia virtual terkini
mengisyaratkan diperlukannya penelusuran tentang pemahaman para pelajar
post-millenial yang terkungkung dalam dunia virtual yang digitalistik terhadap
ajaran dasar agama Islam, yang terangkum dalam kajian dalam bidang Pendidikan
Agama Islam. Dengan menggunakan metode kualitatif beserta berbagai
perangkatnya, dan mendasarkan pada pemikiran tentang ruang publik virtual,
penelitian ini mengungkapkan bahwa kesan ketegasan dan kekuatan terpancar dalam
uraian para pelajar saat mereka mengungkapkan pemahaman mereka tentang makna
agama Islam, pokok-pokok ajaran, sejarah, dan isu-isu keagamaan terkini.
Kata kunci : Ajaran Dasar Agama; Pelajar;
Ruang Publik Virtual.
JUDUL
ANALISIS JURNAL
Kajian
PAI Para Pelajar Dalam Pusaran Dunia Virtual
RANGKUMAN
ISI JURNAL
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan permasalahan tentang pemahaman para pelajar
post-millenial yang terkungkung dalam dunia virtual yang digitalistik terhadap
ajaran dasar agama Islam, yang terangkum dalam kajian dalam bidang Pendidikan
Agama Islam. Keberhasilan seorang pendidik harus memahami beberapa metode yang
efektif. Metode kualitatif beserta berbagai perangkatnya, dan mendasarkan pada
pemikiran tentang ruang publik virtual, penelitian ini mengungkapkan bahwa
kesan ketegasan dan kekuatan terpancar dalam uraian para pelajar saat mereka
mengungkapkan pemahaman mereka tentang makna agama Islam, pokok-pokok ajaran,
sejarah, dan isu-isu keagamaan terkini.
KELEBIHAN JURNAL
Dampak Positif Virtual Terhadap pendidikan Agama Islam
a. Wadah bagi
pendidik untuk memotivasi peserta didik yang memiliki semangat dan keinginan
belajar yang kurang.
b. Wadah dan
bahan ajar yang obyektif serta ilmiah.
c. Sebagai
sarana untuk meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran.
d. Wadah guna
mempermudah pendidik dan peserta didik untuk melakukan presentasi didalam
kelas.
e. Sebagai
wadah untuk mempermudah penyajian desain dalam proses pembelajaran.
f.
Sebagai sarana yang memudahkan peserta
didik dalam menyampaikan materi pembelajaran.
g. Pendukung
terlaksananya program pembelajaran jarak jauh yang lebih sistematis.
h. Sarana
meningkatkan keberhasilan pembelajaran.
i.
Sebagai media pendukung pelajaran dengan
mudah.
KELEMAHAN JURNAL
Sedangkan kekurangan
dari implementasi pembelajaran PAI di era globalisasi yaitu:
a.
maraknya fake information (informasi
palsu), atau yang biasa disebut dengan istilah hoax
b.
Kurangnya interaksi antara guru dan siswa
bahkan antar-siswa itu sendiri yang mengakibatkan keterlambatan
terbentuknya values dalam proses belajar-mengajar.
c.
Kecenderungan mengabaikan
aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek
bisnis.
d. Proses
belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan dari pada pendidikan.
e. Siswa
yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
f. Tidak semua
tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini berkaitan dengan masalah
tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
SARAN DAN SOLUSI
Pendidikan islam
adalah usaha sadar dan terencana untuk membentuk peserta didik agar memiliki keseimbangan
jasmani dan rohani, serta memiliki iman, ilmu dan amal sekaligus. Sedangkan,
Teknologi adalah suatu wadah atau sarana yang menyajikan segala hal yang diperlukan oleh semua orang dalam memenuhi kebutuhan
untuk menjalankan kehidupan. Bagi pendidikan itu sendriri teknologi merupaka
salah satu sumber informasi yang digunakan untuk meningkatkan dan menambah
pengetahuan. Teknologi mempunyai banyak fungsi seperti menyelesaikan suatu
masalah, mengembangkan kreativitas dan mempermudah pendidik maupun peserta
didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Islam sangat menuntun umatnya
untuk terus mengali segala potensi yang ada pada dirinya demi kemaslahatan
bersama, misalnya dengan mengembangan teknologi pendidikan salah satunya.
Teknologi sangat bermanfaat bagi pendidikan terutama pada proses pembelajaran
PAI, mempermudah guru menyampaikan materi ketika mengajar pada saat
pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran daring pada saat pandemi Covid-19.
Komentar
Posting Komentar